• ANEMIA

    Anemia adalah suatu kondisi turunnya kadar sel darah merah (hemoglobin) dalam darah yang normal pada wanita sekitar 12 mg/dl dan 14 mg/dl pada pria. Berkurangnya sel darah merah sangat membahaykan tubuh oleh karena sel darah merah berfungsi sebagai sarana transportasi zat gizi dan oksigen yang diperlukan jaringan tubuh.
    Berkurangny sel darah merah terjadi akibat keadaan tertentu seperti pendarahan, gangguan pembentukan sel darah merah, berkuranggya asupan gizi, terutama zat besi, dan lain sebagainnya.

    Gejala awal anemia kurang zat besi adalah keluhan badan lemah, cepat lelah, merasa kurang energi, tidak nafsu makan, daya konsentrasi menurun, sakit kepala, pandangan sering berkunang-kunang terutama dari keadaan duduk atau jongkuk kemudian bersiri. Tanda lainnya adalah kelopak mata, wajah, ujung jari dan bibir biasanya tampak pucat.
    Untuk mencegah agar tidak terkena anemia yaitu dengan elalu menjaga gar didalam tubuh kita selalu tercukupi asupan zat besi yang sangat berguna untuk pembentukan sel darah merah.
    Zat besi banyak terkandung dalam makanan baik berasal dari hewan maupun tumbuhan. Dari hewan kita dapat mengkonsumsi hati, telur, ikan, dan daging. Daritumbuhan kita dapat mendapatkannya dari beras merah, kacang-kacangan, apel, jambu, papaya, dan sayuran. Keseimbangan asupan gizi sangat diperlukan untuk menjaga agar kita tidak terkena anemia dan tidak kalah pentingnya agar selalu menerapkan hidup sehat serta melakukan pemeriksaan secara teratur bila terjadi sesuatu dalam diri kita, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

0 comments: