• BAHASAN UMUM TENTANG JURU KAMERA, CAMERA OPERATOR,CAMERAMAN,VIDEO JOURNALIST DAN DIRECTOR OF PHOTOGRAPHY

    JURU KAMERA

    Juru kamera, pada dasarnya adalah sama dengan camera operator, mereka adalah orang/individu yang mempunyai kemampuan tehnik dalam  mengoperasikan camera   untuk memvisualisasikan objek yang tersedia. Dalam bekerja,biasanya seorang camera  operator  yang bekerja di bidan news, mendapatkan masukan/ arahan dari  reporter/produser untuk memastikan  bahwa elemen yang dibutuhkan dalam sebuah  story dapat di visualisasi kan dengan baik. Untuk mereka yang bekerja di bidang produksi, arahan arahan tersebut di dapat dari produser/program director dan  untuk yang bekerja di bidang perfileman, arahan tersebut di dapat dari DOP (director of photography)

     

    CAMERAMAN

    adalah juga seorang  kamera operator yang mempunyai kemampuan  dalam mengoperasikan  kamera  disertai dengan kemampuan memahami sebuah konsep  berita/ produk  yang akan di visualisasikannya. Seornag kameraman juga  di tuntut  untuk memilikikemampuan/skill dalam eberapa aspek, seperti  pengetahuan tetnag pencahayaan   sudut pengambilan gambar yan gmenarik,kemampuan berkomunikasi dengan gambar yang akan di presentasikan dan kemampuan  dalam menterjemahkan  konsep  yang di berikan oleh produser.

     

     

    VIDEO JOURNALIST VJ

    adalah orang / individu  yang mempunyai kemampuan menyiapkan sebuah pemberitaaan sejak awal hinga akhir. VJ di tuntut menjadi “manusia super” yang mengerjakan semua  pekerjaan yang biasanya di kerjakan 3 orang/ lebih  dalam proses  pembuatan berita. Dia harus mampu  mengoperasikan  kamera secara baik,  mempunyai  kemampuan segbagai  seorang produser,dalam membuat konsep  berita hingga  mengaplikasikannya, mampu melaksanakan tugas sebagai seorang editor dan juga penulis naskah yang baik.  Secara teory, kedengaran memang mudah tapi untuk memperaktekkannya di perlukan pengalaman selama bertahun tahun   untuk menjadi seorang VJ  karena semua kendali  ada ditangannya  oleh  karena itu dibuthkan moral danindependensi yang tinggi dari seorang VJ untuk pencitraan yang baik bagi tempatnya bekerja.. di banayk media elektronik besar dunia, sulit mencapai level VJ  karena  menyangkut kemampuan,integritas,dan beban kepercayaan dari perusahaan tersbut.

     

    DIRECTOR OF FHOTOGRAFY

    adalah seorang  ang mempunyai  kemampuan  mumpuni/ ahli dalam bidang tehnik  cinematography. Orang  yag mempunyai  kemampuan ini adalah  orang yang sudah mendalami seluk beluk   mengenai kamera , pencahayaan , tehnik pengambilan gambar, dan mempunyai konsep  dala mengaplikasikan karya karyanya. Dia akan  bertindak sebagai  konsultan  di lapangan   bagi cameraman dan chief lighting  dalam memproyeksikan sebuah karya  dari segi tehnik cinematography. DOP menerima arahan dari sutradara/director dlaam mengasilkan  konsepnya dan bertanggung jawab kepada bidang tehnik cinematography.

    Dari Milis KJI

     

     

     

0 comments: