• 4 kesalahan paradigma masyarakat ttg bulan Rhomadon

    1. Menganggap bulan rhomadon adalah bulan Latihan

    Seharusnya bulan rhomadon adalah bulan ujian,sedangkan bulan latihannya 11 bulan lainnya.Ibarat orang yang mengikuti ujian,dia harus sunguh sungguh agar ujiannya berhasil,namun kalo latihan ya santai aja,bisa liat buku,tanya temen alias kurang serius.

    2. Bulan yang banyak makanan

    Pada bulan ini biasanya jenis makanan banyak yang “turun Gunung”,yg di hari hari biasa sulit sekali di dapat tapi di bulan ini melimpah ruah,seperti kolak,kulang kaling dsb. Dan terkadang sajian berbukanya bisa memenuhi seantero meja,sampe ga muat tuh meja buat taro makanan.

    Padahal seharusnya bulan rhomadon menjadi bulan “sedikit makan banyak ibadah”

    3. Bulan permainan

    Ada pula di masyarakat kita,bila menghadapi bulan rhomadon mempersiapkan beraneka macam permainan mulai dari yg modern (otomatis) seperti video game,computer game sampe yg manual seperti monopoli, karambol dsb. Bukankah sebaiknya waktu luang di isi dengan tilawah quran,baca buku yg bermanfaat,menghafal alquran,taklim dsb

    4. Memfokuskan ibadah hanya pada puasa saja

    Ada juga yang menjadi puasa adalah amalan utama,sehingga sering mengabaikan ibadah ibadah lainnya seperti sholat 5 waktu dsb.padahal puasa adalah ibadah yang paling “enteng” di lakukan di banding ibadah obadah yg lain.misalnya, seorang mualaf belum tentu bisa langsung melakukan sholat,tapi kalo disuruh puasa tentu di bisa.

    Semoga bermanfaat.

0 comments: