• Indonesia Harus Cadangkan Energi

    Menurut Massachusetts Institute of Technology (MIT) Enterprise Forum, pada tahun 2050 dunia akan menghadapi tiga krisis energi, yaitu energi, pangan, dan air. Sementara itu, hingga saat ini, Indonesia belum memiliki strategic energy reserve untuk mengamankan cadangan energi dalam negeri.

    Hal ini disampaikan oleh calon anggota Dewan Energi Nasional dari unsur akademisi Rinaldy Dalimi saat menyampaikan visi, misi, dan program kerjanya di hadapan anggota Komisi VII DPR, Selasa (23/09).

    Menurut Rinaldy, Indonesia mesti mulai memikirkan untuk mencadangkan energy reserve, baik jangka pendek maupun jangka panjang. “Indonesia memiliki ketiga sumber energi yang disebutkan MIT Enterprise Forum. Maka dari itu, kita harus bisa me-maintain ketiganya,” ujar pengajar Fakultas Teknik Universitas Indonesia tersebut.

    Menurutnya, pola pikir penyimpanan energi telah lama dilakukan oleh Amerika Serikat. “Belakangan ini, China dan India pun melakukan hal yang sama. India, misalnya, telah membeli saham batubara kita besar-besaran. Alasannya adalah, India akan membutuhkan batubara dalam jumlah yang besar 30 tahun kemudian,” kata Rinaldy.

0 comments: